Darimana ya asalnya omelet? Menurut penelusuran sih katanya dari daerah barat sana. Di daerah barat sana pun, omelet sudah banyak dikreasikan agar tidak menjadi makanan yang dipandang “biasa saja”. Kalau anda ingin mencoba omelet ala barat namun tidak berkesempatan berkunjung ke sana, Blueband membagikan cara membuat omelet tersebut berikut ini. Cara membuat omelet satu ini sesuai namanya adalah dipanggang ya, jadi pastikan anda memiliki microwave atau oven untuk mengeksekusi resep berikut ini.

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk baked western omelet sebagai berikut:

  • 8 butir telur (sesuaikan jumlah telur dengan jumlah bahan-bahan lainnya jika anda ingin membuat dengan porsi lebih banyak atau lebih sedikit)
  • 1 cangkir susu cair merk dan tipe apa saja. Jika anda tidak memiliki persediaan susu cair, anda dapat membuatnya menggunakan susu bubuk atau susu kental manis biasa.
  • ½ sendok teh garam atau penyedap rasa
  • 8 lembar ham (lembaran daging asap) yang sudah dimasak terlebih dahulu. Agar dapat ala westernya, anda harus menggunakan ham, namun jika tidak ada anda tetap bisa menggunakan fillet ayam yang sudah dimasak.
  • ½ cangkir keju cheddar, diparut. Tambahkan keju mozarella jika anda sangat menyukai keju.
  • ½ mangkok kecil bawang merah/bawang besar yang sudah diiris tipis-tipis
  • ½ mangkok besar paprika merah dan hijau, gabungkan keduanya hingga tercampur rata
  • Daun seledri secukupnya untuk menghias (opsional, boleh ada boleh tidak)
  • Blueband secukupnya

Cara membuat omelet dengan bahan-bahan di atas menjadi omelet ala barat adalah sebagai berikut:

  • Masukkan telur ke dalam wadah, susu, dan garam/penyedap rasa dan kocok hingga merata. Campurkan daging asap/ham, keju cheddar yang sudah diparut, bawang yang sudah diiris tipis-tipis, dan paprika merah dan hijau. Anda dapat menambahkan keju mozarella (opsional) jika anda menyukainya.
  • Oleskan blueband pada wadah pemanggang, masukkan adonan telur ke dalam wadah. Wadah yang digunakan sebisa mungkin tidak lebih tebalnya daripada 10cm karena akan memengaruhi kematangan telur nantinya.
  • Panggang dengan suhu 350 derajat selama 45 menit hingga 1 jam. Jika sudah 45 menit anda dapat melihat apakah omelet dimasak dengan sempurna. Jika belum lanjutkan hingga 1 jam penuh, atau tergantung selera anda masing-masing.
  • Setelah matang, keluarkan dan angin-anginkan selama 1 menit. Potong menjadi bentuk kotak menyerupai martabak. Tambahkan daun seledri di atasnya sebagai hiasan.

Bagaimana? Menggoda lidah sekali ya. Apalagi jika ditambahkan dengan keju mozarella, selain rasanya enak, menarik-narik keju ini merupakan kesenangan sendiri ketika makan. Jika ingin lebih kenyang untuk sarapan, anda bisa mendampingi baked western omelet dengan nasi putih atau nasi goreng hangat agar kebutuhan karbohidrat terpenuhi. Atau, jika ingin dimakan begitu saja bisa didampingi dengan saus tomat atau saus cabai. Omelet ala barat ini cocok dimakan dalam segala kondisi. Saat sedang panas-panasnya, untuk menambah aroma dan menggugah selera, oleskan blueband tipis-tipis di atas omelet sebelum dihidangkan.

Baked western omelet ini termasuk omelet yang sangat mudah dibuat, tidak membutuhkan terlalu banyak step dan waktu, serta tidak banyak mengotori perabotan dapur anda. Selain itu karena tidak menggunakan minyak, anda yang menderita kolesterol tidak perlu khawatir melahap omelet ala barat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *